Konfigurasi Mikrotik RB450


Ternyata masih ada barang lama Mikrotik RB450 yang masih bisa berfungsi daripada disimpan sebaiknya kita manfaatkan barang lama ini, baik kita mulai dengan konfigurasi mikrotik karen sudah lama tidak dipakai untuk masuk mikrotik sudah lupa user dan passwordnya tidak ada cara lain kita harus melakukan reset mikrotk rb450, yang perlu disiapkan adalah komputer dengan sistem windows ataupun yang lain, kabel UTP yang sudah ada konektor RJ45nya dikedua ujung. Mikrotik RB450, adaptor, obeng, aplikasi winbox pada saat ini yang terinstall di komputer winbox versi 3.

Langkah pertama sambungkan kabel UTP komputer dan mikrotik, jalankan aplikasi winbox pada menu Neighbors tampil MAC Address dan IP Address dari mikrotik tapi sayang karena sudah lama tidak dipakai user dan passwordnya lupa, langkah berikutnya mereset mikrotik, yaitu dengan menekan tombol reset saat power mikrotik dinyalakan tapi sayang usaha reset tidak berhasil berulang kali coba, kemungkinan tombol reset bermasalah, karena penasaran kita buka casing mikrotik untuk mencari solusinya, ternyata pada mainboard terdapat reset yang berbentuk lingkaran yang terbelah dua denga lapisan tembaga, kedua belah lingkaran tidak terhubung, cara reset dengan menghubungkan kedua belah linkaran tersebut.



Untuk mereset pada mainboard mikrotik kita harus menggunakan obeng, bentuk reset berbentuk lingkaran yang terbelah dengan menggunakan obeng supaya kedua belah lingkaran dengan lapisan tembaga bisa terhubung, dan usaha reset akhirnya berhasil.

Berhasilnya reset mikotik bisa diuji  dengan menggunakan winbox versi 3, pilih menu Neighbor akan tampil MAC Address dan IP Address dari mikrotik.


Sebelum masuk pada mikrotik, sebaiknya kita uji koneksi jaringan komputer dengan mikrotik gunkan perintah ping 192.168.88.1,   192.168.88.1 adalah IP Address mikrotik rb450, sebelum melakukan perintah ping terlebih dahulu komputer dikonfigurasi IP Address dengan network yang sama dengan mikrotik  misalkan 192.168.88.8/24.


 Ternyata hasilnya RTO atau Requesr timed out, kita coba cek sambungan kabel UTP komputer dan mikrotik, sampai mencoba menganti kabel UTP beberapa kali tapi hasil tetap sama.

Langkah berikutnya cek pada network connections komputer yaitu konfigurasi IP Address tapi  semuanya konigurasi tidak ada masalah, lalu dicoba mematikan interface ethernet beberapa menit dan menghidupkan kembali. Ternyata langkah terakhir ini berhasil, dan tes ping ke IP 192.168.88.1 sudah bisa Reply..

Berikutnya kembali mencoba konfigurasi mikrotik dengan menggunakan winbox versi 3, dengan menggunaka user admin dan password kosong (nul) ternyata hasilnya masih belum bisa masuk, keterangan errornya could not fetch index, setelah mencari informasi di internet masalah error tersebut dapat disimpulkan bahwa versi winbox tidak compatibel dengan hardware mikrotik, solusinya adalah menggunakan winbox versi lama yang compatible dengan mikrotik RB450, winbox tersebut dapat di internet. Jika mengalami kesulitan download winbox versi lama di internet, anda bisa mendownload langsung di mikrotik RB450.

Langkah mendownlod winbox di mikrotik RB450, pertama sambungkan mikrotik RB450 dengan komputer dengan kabel UTP, kedua konfigurasi IP Address pada komputer dengan network yang sama dengan mikrotik RB450, IP Address default Mikrotik RB450 adalah 192.168.88.1/24, ketiga jalankan aplikasi web browser dan masukan alamat http ://192.168.88.1.


Keempat pilih winbox dengan cara klik mouse, maka akan mendownload file winbox.exe pada folder download. Sekarang sudah berhasil mendownload winbox yang compatible dengan mikrotik RB450 pada folder download, untuk memudahkan pindahkan file winbox.exe ke desktop, untuk menjalankan winbox pada desktop dengan double klik file winbox.exe.


Sekarang saat memulai konfigurasi mikrotik RB450, pertama jalankan winbox hasil download dari mikrotik RB450 pada desktop dengan cara double klik icon winbox-rb450 (nama file winbox sudah diganti namanya). Tampilan yang muncu sebagai berikut :


Pada Connect To: klik , maka akan muncul tampilan


Tampil daftar mikrotik yang terkoneksi dengan winbox, pada contoh tampilan di atas hanya satu mikrotik yang terkoneksi yaitu:

Nama Board : RB450
Version: 5.13
Indentity: MikroTik
IP Address: 192.168.88.1
MAC Address: 00:0C:42:C8:66:C0

Untuk masuk pada konfigurasi mikrotik rb450 dapat menggunakan IP Address dengan syarat IP komputer networknya sama dengan mikrotik rb450 atau MAC Address, caranya dengan klik IP Address atau MAC Address. Untuk mencoba kita pilih MAC Address, hasilnya sebagai beikut:

Berikutnya pada login masukkan user mikrotik dan password, user default mikrotik admin dan passwordnya kosong (null), klik Connect untuk masuk ke mikrotik.


Kita sudah masuk pada mikotik rb450, tampilan awal seperti gambar di atas, mikrotik sudah dikonigurasi secara default yaitu:

·         Ether1 sudah diganti dengan nama ether1-gateway

·         DHCP client dan masquarade sudah diseting dalam ether1-gateway

·         Ether2 sudah diganti dengan nama ether2-master-local dan dikonfigurasi sebagai master switch untuk ether3-ether5

·         IP Address 192.168.88.1/24 dan DHCP server diseting pada interface ether2-master-local

·         Range IP address DHCP server adalah 192.168.88.10-192.168.88.254

Ada tiga pilihan, yaitu:

·         Remove Configurasi : pilihan ini akan menghapus konfigurasi default dari mikrotik, dengan pilihan ini jika konek mikrotik  dengan menggunakan IP Address maka koneksi akan putus, anda harus buka lagi winbox dan koneksi dengan menggunakan MAC Address.

·         Show Script: pilihan ini akan menampilkan perintah-perintah konigurasi default mikrotik, perintah bisa ditambah atau dihapus.

·         OK: pilihan ini akan meggunakan konigurasi default mikrotik

Saat ini kita akan memilih “Remove Configurasi” yaitu menghapus konigurasi default, untuk selanjutnya kita akan memulai konfigurasi dari awal. Sementara sampai disini pembahasan kali ini, tunggu pembahasan berikutnya.