Mari Hemat BBM

Mari Hemat BBM


BBM (bahan bakar minyak) masih merupakan kebutuhan pokok di seluruh dunia, belum ada lagi bahan bakar yang lain yang mampu mengantikan BBM, BBM tidak bisa biperbaharui lagi artinya dalam jangka tertentu BBM akan habis. Coba kita sama-sama membayangkan jika kita berada di masa BBM habis, bagaimana transportasi? bagaimana ibu rumah tangga memasak? Bagaimana industri-industri dapat mengahasilkan produknya dll.

Yang jelas keadaan saat akan lebih kacau dibandingkan dengan jaman sekarang, kita bisa melihat tayangan di televisi di beberapa daerah antrian panjang sampai 3 hari untuk sekedar mendapatkan beberapa liter minyak tanah.

Sekarang upaya apa yang harus kita lakukan, tentu kita tidak bisa sendirian harus melibatkan pemerintah dan seluruh rakyat dan semua harus diberlakukan sama. Sebagai contoh penghematan BBM. Penghematan BBM kalau itu harus dilakukan harus untuk seluruh rakyat diberlakukan, jangan penghematan BBM hanya pada kalangan tertentu, untuk kalangan yang kleas tinggi yang mampu masih bebas.

Sebagai pemikiran pengematan BBM, bisa diterap dengan melarang anak sekolah memakai kendaraan bermotor, jika anak sekolah tingkat atas ada pelarang berkendaraan bermotor, sedikitnya BBM bisa dihemat, apalagi pelarangan berkendaraan bermotor bukan hanya dilingkungan sekolah tetapi diluar sekolah untuk mereka yang masih sekolah di tingkat atas. Aturan ini memang susah diterapkan, tapi jika kita bisa menerapkan banyak manfaat yang kita dapatkan antara lain :
  1. Siswa sekolah akan berangkat dan pulang dengan jalan kaki atau bersepeda, hal ini akan menciptakan siswa-siswa yang sehat dan kuat, melatih siswa tidak cengeng, melatih siswa bekerja keras.
  2. Fokus untuk belajar lebih besar.
  3. Mengurangi dan mencegah munculnya gang-gang motor anak sekolah
  4. Mengurangi beban orang tua, saat sekarang orang tua harus memikirkan kendaraan untuk anaknya bersekolah disampaing biaya sekolahnya.
  5. Masih banya manfaat lainnya.
Demikian pemikiran bagaimana sedikitnya kita bisa menghemat BBM, kalaupun aturan di atas sulit diterapkan mari kita mencoba merapkan kepada anak-anak kita, bukan hanya manfaat menghebat BBM saja tapi manfaat lain kita bisa dapatkan.



1 komentar

Salut atas ulasannya tentang Penghematan BBM. Salam kenal Pak Wahyudin. SAya warga Tegal juga, alumnus SMU 1, sekarang lagi merantau, sekolah di Australia. Pak, kok jarang update lagi??
www.ikawindia.blogspot.com