Kisi-kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kompetensi Keahlian Multimedia Tahun Pelajaran 2015/2016

Kisi-kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kompetensi Keahlian Multimedia Tahun Pelajaran 2015/2016

UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
KISI-KISI SOAL TEORI KEJURUAN

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Multimedia
Kode : 2089
Alokasi Waktu : 120 menit
No. Standar Kompetensi Lulusan Kemampuan yang Diuji
1 Merakit personal computer Menganalisis instalasi komponen PC
2 Melakukan instalasi sistem operasi Menganalisis langkah langkah instalasi
dasar system operasi
Menerapkan instalasi software sesuai
Installation Manual
3 Menerapkan keselamatan, Melaksanakan prosedur K3
kesehatan kerja, dan lingkungan
hidup (K3LH)
4 Memahami etimologi multimedia Menjelaskan multimedia content production
Menjelaskan multimedia communication
5 Memahami alir proses produksi Menjelaskan proses pre production
produk multimedia multimedia
Menjelaskan proses production multimedia
Menjelaskan proses post production
multimedia
6 Merawat peralatan multimedia Menjelaskan langkah-langkah perawatan
peralatan multimedia
Menerapkan perawatan peralatan
multimedia
7 Mengelola isi halaman web Menerapkan proses editing informasi
Menerapkan pengujian dan memastikan
perubahan perubahan
8 Menerapkan teknik pengambilan Menjelaskan prosedur pengoperasian
gambar produksi kamera video
Menjelaskan fitur/bagian kamera
9 Menerapkan prinsip-prinsip seni Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni
grafis dalam desain komunikasi grafis (nirmana)
visual untuk multimedia Menerapkan gambar ilustrasi
10 Menguasai cara menggambar kunci Menjelaskan syarat animasi
untuk animasi Menerapkan gambar kunci
11 Menguasai cara menggambar Mendeskripsikan gambar yang asli
clean-up dan sisip Mendeskripsikan gambar tiga dimensi
Membuat gambar tiga dimensi
12 Menguasai dasar animasi stopmotion Mendeskripsikan syarat-syarat animasi
(bidang datar) Menerapkan model warna dan tempat warna
13 Menggabungkan teks kedalam Menerapkan software teks multimedia
sajian multimedia Menerapkan desain teks multimedia
14 Menggabungkan gambar 2D Menerapkan software grafik multimedia 2D
kedalam sajian multimedia Menerapkan design grafik Multimedia 2D
Mengidentifikasi karya seni digital 2D
15 Menggabungkan fotografi digital Menerapkan penggabungan foto digital ke
kedalam sajian multimedia dalam rangkaian multimedia
Menerapkan susunan karya seni foto digital
dan grafik 2D
16 Menggabungkan audio ke dalam Menerapkan software audio digital
sajian multimedia
17 Membuat story board aplikasi Merencanakan alur isi story board
multimedia Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam
storyboard
18 Memahami cara penggunaan Menjelaskan dasar tata cahaya
peralatan tata cahaya Menjelaskan efek cahaya
19 Menerapkan efek khusus pada Mengidentifikasikan materi penunjang efek
objek produksi khusus
Menerapkan efek khusus pada obyek
20 Menyusun proposal penawaran Menganalisa syarat-syarat proyek
Merancang biaya-biaya dan sumber-sumber
yang ada





Kisi-kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kompetensi Keahlian Multimedia Tahun Pelajaran 2015/2016
Sumber : BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan)